Kali ini saya akan membahasa mengenai keywords (Kata Kunci). Nah mengapa sih kita perlu melakukan riset kata kunci? mari simak penjelasannya berikut ini.
Meriset berarti kita mencari tau suatu hal atau menganalisis suatu hal, nah dalam hal ini kita akan meriset kata kunci atau mencari tau kata kunci yang tepat yang biasanya digunakan orang untuk mencari informasi lewat mesin pencari seperti Google.
Beberapa pakar SEO ternyata menekankan bagaimana pentingnya riset keyword untuk kesuksesan optimalisasi SEO. Riset keyword ternyata menentukan 70-80% kesuksesan dalam optimalisasi SEO yang kita lakukan. Jadi riset keyword ini sangat penting sekali.
Berikut ini 2 manfaat apabila kita mendapatkan kata kunci (keyword) yang tepat.
- Kita bisa merencanakan, membuat dan menjalankan website secara tepat, terarah dan efektif.
- Kita bisa menulis artikl/konten yang benar-benar efektif untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.
Mengenal Jenis-Jenis Keyword
Sebelum pada pembahasan lebih lanjut, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami jenis-jenis keyword, sebab dalam dunia SEO, keyword memiliki banyak jenis.
Jenis-jenis keyword tersebut adalah:
- Short tail keyword
Sesuai namanya, bahwa keyword jenis ini hanya mengandung satu atau dua kata saja.
Contoh:
- Kaos
- Jaket
- Kaos Murah
- Jaket Murah
- dll
Perlu diketahui bahwa jenis keyword ini memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi sehingga sangat sulit bersaing dengan menggunakan kata kunci seperti ini.
- Long tail keyword
Kemudian Long Tail Keyword , keyword jenis ini merupakan keyword versi panjang.
Contoh:
- Jual kaos distro murah
- Jaket kulit kualitas super
- dll
Bagi blogger pemula jenis keyword seperti ini lebih direkomendasikan karena tingkat persaingannya yang cenderung lebih rendah dari pada keyword jenis Short Tail Keyword dan akan memudahkan blog anda mendapat posisi terbaik di mesin pencari.
Pada jenis Long tail keyword ini ternyata memiliki kekurangan yaitu trafik yang akan didapatkan tidak sebanyak short tail keyword juga tergolong cukup sulit untuk menemukan Long tail keyword yang benar-benar bagus.
- Keyword abadi
Keyword jenis ini berarti jenis keyword yang tidak akan kada luarsa, dan akan terus dicari oleh pengguna mesin pencari. Contoh: "Cara Menyembuhkan Diare".
Kata kunci tersebut akan terus digunakan karena setiap orang pasti pernah mengalami diare.
- keyword musiman
Namanya juga musiman pasti itu hanya akan populer dalam beberapa saat saja. Contoh: "Hasil Pertandingan Man. United vs Man. City Musim 2015/2016". Tentu keyword jenis ini lama-lama akan ditelan oleh waktu sehingga tidak digunakan lagi, ya mau gimana lagi namanya juga musiman.
Nah ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan riset kata kunci untuk mendapatkan sebuah kata kunci yang efektif, berikut ini caranya.
- Riset kata kunci dengan Google Keyword Planner
Google Keyword Planner adalah salah satu tool yang paling banyak digunakan oleh blogger yang ingin melakukan riset keyword. Tool ini gratis tapi anda harus memiliki akun Google Adwords terlebih dahulu. Baca: (Cara Membuat Akun Google Adwords).
- Riset kata kunci dengan ubersuggest.org
Selain meriset kata kunci menggunakan fasilitas Google yang bernama Google Keyword Planner, kita juga bisa menggunakan tool lain untuk mendapatkan ide kata kunci dari ubersuggest.org. Melalui ubersuggest kita akan diberi tambahan ide kata kunci.
Dengan meriset kata kunci melalui 2 cara di atas sudah cukup untuk mencari kata kunci yang tepat yang akan kita gunakan, setelah mendapat kata kunci yang di dapat tinggal anda kembangkan lagi dengan membuat daftar kata kunci.
Kata kunci untuk artikel ini
- Riset kata kunci
- Manfaat melakukan riset kata kunci
- Cara riset kata kunci
- Jenis-jenis keyword
YOUR ADS HERE !!!